Selasa, 12 Januari 2016

Analisa Iklan Oreo

Iklan atau dalam bahasa Indonesia formalnya pariwara adalah promosi benda seperti

barang, jasa, tempat usaha, dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Manajemen

pemasaran melihat iklan sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen

lainnya dari promosi termasuk publisitas, hubungan masyarakat, penjualan, dan promosi

penjualan. Semakin berkembang nya media informasi, kini televisi menjadi media paling efektif

karena menggunakan audio visual yang lebih mudah di ingat oleh para konsumen.

Oreo adalah salah satu nama dagang yang diproduksi oleh Nabisco pertama kali pada

tahun 1912. Produk Oreo ini, di Indonesia dikelola oleh PT. Kraft Indonesia. Produk ini berupa

semacam biskuit coklat dengan lapisan cream putih di tengahnya. Dengan tetap menggunakan

warna biru sebagai warna dominan, packaging Oreo menjadi nilai tambah secara visual karena

telah menjadi karakter dari Oreo itu sendiri.

Oreo ini merupakan jajanan bagi anak maupun biskuit bagi segala usia. Memang Oreo ini

sudah dikenal oleh semua orang tetapi iklan dan promosi terus diperbaharui. Seperti yang sering

muncul di televisi saat ini adalah iklan Oreo dengan visualisasi kartun. Dalam iklan Oreo terbaru

mengajak penonton untuk membayangkan rasa enak dari Oreo yang terdiri atas krim yang

nikmat di balut oleh sandwich coklat. Hingga jika memberikan kepada vampire dan hiu yang

notabene makhluk yang menyeramkan, dengan memakan Oreo maka akan menjadi

menyenangkan. Selain itu dalam iklan ini juga terdapat visualisasi berbagi Oreo kepada semua

orang, warna kulit, suku, hingga robot. Ini mengartikan bahwa Oreo memang susah di sukai oleh

semua orang, bisa menjadi pemersatu perbedaan yang sesuai dengan tagline “Penuh Keajaiban”.

Ditambah lagu yang menarik dan mudah di ingat, iklan ini menjadi salah satu yang mudah di

ingat oleh konsumen. Itu berarti iklan ini berhasil menarik perhatian konsumen dengan

visualisasi animasi yang modern yang pasti di sukai terutama oleh anak-anak dan audio lagu

yang mudah di ingat.

Menurut Arens (dalam Lubis, 2007) iklan dikatakan sebagai komunikasi informasi yang

terstruktur dan disusun bukan oleh perseorangan, biasanya dibayar dan untuk secara alami

umumnya membujuk tentang produk (barang, jasa, dan ide) yang diidentifikasikan sponsor lewat

berbagai media. Oreo menggunakan salah satu media elektronik modern berupa televisi sebagai

media yang dimaksud untuk mengiklankan kembali produk nya yang telah terkenal agar

konsistensi nya terjaga.

Lirik iklan oreo

Bayangkan ku

Beri Oreo

Tuk si vampire

Yang menyeramkan

Akankah dia berubah

Dengan susu segelas

Kurasa semua kan jelas

Menyenangkan

Karena cream nya

Sangat nikmat

Dalam  sandwich coklat

Bila si hiu datang

Ku beri Oreo lagi

Bisakah dia bersahabat dan berbagi

Bayangkan ku

Beri Oreo

Dunia penuh

Keajaiban

Kalau kuberi

Oreo tuk kamu

Bayangkan ku beri Oreo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar