Iklan atau dalam bahasa Indonesia formalnya pariwara adalah promosi benda seperti
barang, jasa, tempat usaha, dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Manajemen
pemasaran melihat iklan sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen
lainnya dari promosi termasuk publisitas, hubungan masyarakat, penjualan, dan promosi
penjualan. Semakin berkembang nya media informasi, kini televisi menjadi media paling efektif
karena menggunakan audio visual yang lebih mudah di ingat oleh para konsumen.
Oreo adalah salah satu nama dagang yang diproduksi oleh Nabisco pertama kali pada
tahun 1912. Produk Oreo ini, di Indonesia dikelola oleh PT. Kraft Indonesia. Produk ini berupa
semacam biskuit coklat dengan lapisan cream putih di tengahnya. Dengan tetap menggunakan
warna biru sebagai warna dominan, packaging Oreo menjadi nilai tambah secara visual karena
telah menjadi karakter dari Oreo itu sendiri.
Oreo ini merupakan jajanan bagi anak maupun biskuit bagi segala usia. Memang Oreo ini
sudah dikenal oleh semua orang tetapi iklan dan promosi terus diperbaharui. Seperti yang sering
muncul di televisi saat ini adalah iklan Oreo dengan visualisasi kartun. Dalam iklan Oreo terbaru
mengajak penonton untuk membayangkan rasa enak dari Oreo yang terdiri atas krim yang
nikmat di balut oleh sandwich coklat. Hingga jika memberikan kepada vampire dan hiu yang
notabene makhluk yang menyeramkan, dengan memakan Oreo maka akan menjadi
menyenangkan. Selain itu dalam iklan ini juga terdapat visualisasi berbagi Oreo kepada semua
orang, warna kulit, suku, hingga robot. Ini mengartikan bahwa Oreo memang susah di sukai oleh
semua orang, bisa menjadi pemersatu perbedaan yang sesuai dengan tagline “Penuh Keajaiban”.
Ditambah lagu yang menarik dan mudah di ingat, iklan ini menjadi salah satu yang mudah di
ingat oleh konsumen. Itu berarti iklan ini berhasil menarik perhatian konsumen dengan
visualisasi animasi yang modern yang pasti di sukai terutama oleh anak-anak dan audio lagu
yang mudah di ingat.
Menurut Arens (dalam Lubis, 2007) iklan dikatakan sebagai komunikasi informasi yang
terstruktur dan disusun bukan oleh perseorangan, biasanya dibayar dan untuk secara alami
umumnya membujuk tentang produk (barang, jasa, dan ide) yang diidentifikasikan sponsor lewat
berbagai media. Oreo menggunakan salah satu media elektronik modern berupa televisi sebagai
media yang dimaksud untuk mengiklankan kembali produk nya yang telah terkenal agar
konsistensi nya terjaga.
Lirik iklan oreo
Bayangkan ku
Beri Oreo
Tuk si vampire
Yang menyeramkan
Akankah dia berubah
Dengan susu segelas
Kurasa semua kan jelas
Menyenangkan
Karena cream nya
Sangat nikmat
Dalam sandwich coklat
Bila si hiu datang
Ku beri Oreo lagi
Bisakah dia bersahabat dan berbagi
Bayangkan ku
Beri Oreo
Dunia penuh
Keajaiban
Kalau kuberi
Oreo tuk kamu
Bayangkan ku beri Oreo.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar